Sejarah Desa

Pembangunan desa merupakan bagian integral dari Pembangunan Daerah dan Pembangunan Nasional.  Undang-undang no.32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah memberikan kewewenangan yanng lebih luas kepada daerah, terutama daerah kabupaten/ kotauntuk melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan yang sifatnya lebih multi sektoral.  Secara khusu pemerintahan desa diharapkan mampu mengakomodasikan kebutuhan masyarakat.  Kelurahan Ngasinan merupakan salah satu profil desa yang berperan aktif dalam pembangunan masyarakat desa khususnya.  Kelurahan Ngasinan adalah salah satu kelurahan yang berada pada Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo.

Kelurahan Ngasinan terdiri dari 4 (empat)  Dusun yaitu: Dusun Ngasinan, Dusun Kedungbatang, Dusun Gampingan, dan Dusun Mloyo.  Wilayah Desa Ngasinan terbagi menjadi 11 Rukun Warga (RW) dan 29 Rukun Tetangga (RT). Sebagian besar wilaya Desa Ngasinan adalah wilayah datar dengan beberapa bukit kecil di beberapa wilayah seperti wilayah Mloyo, Gampingan serta Pagergunung. Desa Ngasinan juga mempunyai wilayah persawahan yang sebagian besar terletak di sebelah barat pemukiman warga.

Dalam melaksanakan tugasnya, Desa Ngasinan dipimpin oleh seorang Kepala Desa, dibantu oleh seorang Sekretaris Desa, 4 orang Kepala Dusun (bayan), 3 Orang Kepala Urusan dan 4 Orang Kasi yang melaksanakan tugasnya di Kelurahan Ngasinan. Berikut nama-nama lurah yang menjabat di Kelurahan Ngasinan antara lain :

  1. Citro Puspito ( tahun 1955 – 1970 )
  2. Sastro Handoko ( tahun 1970 – 1997 )
  3. Prawoto ( tahun 1997 – 2003 )
  4. Prawoto ( tahun 2003 – 2008 )
  5. Ibnu Wiyatno ( tahun 2008 – 2013 )
  6. Ibnu Wiyatno ( tahun 2013 – sekarang )

Setiap Kepala Desa yang pernah menjabat mempunyai kesan tersendiri bagi masyarakat sekitarnya, dengan kebijaksanaan yang unik dari setiap Kepala Desa yang menjabat.  Untuk itulah Desa Ngasinan menjadi Desa teladan bagi Desa lainnya.

Link Tekait